
SMAN 1 JASINGA LAKSANAKAN SIDANG PROJEK BAGI KELAS 10
SMAN 1 Jasinga sudah
melaksanakan program kurikulum merdeka yang sudah berjalan selama 1 tahun, Di
kurikulum merdeka ini siswa siswi melaksanakan P5 (Projek penguatan profil
pelajaran Pancasila).
Projek penguatan profil
pelajar Pancasila, adalah salah satu sarana pencapaian profil pelajar
Pancasila, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
“mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan
untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dimensi profil pelajar Pancasila
menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan
kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa
Indonesia sekaligus warga dunia.
“Pelajar Pancasila yaitu pelajar sepanjang
hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilah sesuai nilai-nilai Pancasila, maka sangat
penting untuk peserta didik mempelajari hal-hal di luar kelas yang berkaitan
dengan isu penting yang dekat dengan kehidupan sehari-hari seperti perubahan
iklim, kesehatan mental, teknologi, nasionalisme, dan isu-isu lainnya,” kata
Kepala Pusat Penguatan Karakter di Kemendikbudristek, Rusprita Putri Utami.
4/10/2023) Siswa-siswi kelas 10 SMAN 1 Jasinga
memulai melaksanakan sidang projek penguatan profil pelajaran Pancasila pada
hari Rabu dan kamis dengan tema Kewirausahaan, Pengelolaan sampah, dan
Permainan Tradisional. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut, para
siswa mempresentasikan hasil observasinya selama projek.
Sidang di mulai pada pukul 09.00 sampai selesai,
setelah sidang selesai seluruh siswa di kumpulkan di lapangan hijau untuk di
beritahukan tentang kelulusan sidangnya. Siswa-siswi yang tidak lulus projek
akan kembali melanjutkan sidangnya di hari Senin 9 Oktober 2023, sidang
remedial tersebut dilakukan secara kelompok dan ada juga yang secara individu
karena kurang aktifnya mereka di kelompoknya.
Ketika setiap satuan pendidikan mampu
mengimplementasikan P5 ini dengan baik sesuai dengan esensi, alur, dan
penilaiannya tentunya akan memberikan manfaat bagi satuan pendidikan, yaitu
menjadikan satuan pendidikan yang lebih terbuka dan berpartisipasi aktif dan
berkontibusi di lingkungan sekitarnya. Bagi peserta didik maka memberi ruang
dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter
dan profil Pelajar Pancasila, merencanakan proses pembelajaran projek profil
dengan tujuan akhir yang jelas, mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang
terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk
memperkaya hasil pembelajaran, dan melatih kompetensi pemecahan masalah dari
peserta didik.
-Jumlah siswa siswi yang lulus, tidak
lulus dan remedial di setiap kelas X :
KELAS |
KELOMPOK 1 |
KELOMPOK 2 |
KELOMPOK 3 |
KELOMPOK 4 |
X.1 |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA |
X.2 |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA |
LULUS (8) REMEDIAL(1) |
X.3 |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA |
LULUS (6) REMEDIAL (3) |
X.4 |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA |
LULUS (3) TIDAK LULUS (7) |
LULUS SEMUA |
X.5
|
LULUS (7) TIDAK LULUS (2) |
LULUS (8) TIDAK LULUS (1) |
LULUS (7) TIDAK LULUS (2)
|
LULUS SEMUA |
X.6 |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA |
X.7 |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA |
LULUS SEMUA
|
X.8 |
LULU (7) REMEDIAL (2) |
LULUS (8) REMEDIAL (1) |
LULUS (7) REMEDIAL (2) |
LULUS (7) REMEDIAL (2) |
X.9 |
LULUS SEMUA |
REMEDIAL SEMUA |
LULUS (6) REMEDIA (3) |
SEMUA REMEDIAL |
X.10 |
LULUS SEMUA |
TIDAK LULUS SEMUA |
LULUS (7) REMEDIAL (2) |
LULUS SEMUA |